Tips Merawat Burung Derkuku Agar Tetap Sehat dan Bugar

Burung Derkuku, termasuk burung yang ramah, memiliki suara khas yang bagus untuk didengar serta pandai dalam menirukan suara-suara yang ada di sekitarnya. Namun, memelihara burung ini membutuhkan perawatan yang baik dan benar agar burung tersebut dapat tumbuh sehat dan optimal dalam hal suara yang dihasilkan. Bagaimana cara merawat burung Derkuku dengan baik?Pertama-tama, hal yang perlu diingat adalah memberikan pakan yang cukup dan seimbang. Pakan terbaik untuk burung Derkuku adalah biji-bijian seperti jagung, beras ketan, jangung dan lain-lain. Selain itu, jangan lupa memberikan sayuran dan buah-buahan yang dipotong kecil-kecil agar memudahkan burung Derkuku saat makan. Bagi burung yang telah dipelihara selama beberapa waktu, dianjurkan untuk memberikan telur rebus dan kroto.

Selain memberikan pakan yang seimbang, burung Derkuku juga membutuhkan lingkungan yang bersih dan nyaman. Kandang Derkuku harus selalu dibersihkan agar tidak menimbulkan bau tidak sedap dan menjaga kesehatan burung tersebut. Jangan lupa untuk memberikan tempat berjemur untuk burung Derkuku agar bulu burung tetap bersih dan mengkilap serta terlihat cantik ketika berkicau.

Terakhir, penting untuk selalu memperhatikan kesehatan burung Derkuku. Jika burung terlihat letih atau sakit, segera bawa ke dokter hewan. Perawatan yang baik akan membuat suara burung ini terdengar semakin indah dan memikat hati siapapun yang mendengarnya. Tertarik mencoba merawat burung Derkuku? Jangan lupa untuk memperhatikan poin-poin penting di atas agar burung tetap sehat dan bahagia.

Mengenal Burung Derkuku

Burung Derkuku atau yang juga dikenal dengan nama burung Tekukur adalah salah satu jenis burung pengicau yang cukup populer di Indonesia. Burung ini memiliki suara khas yang merdu dan indah sehingga banyak dipelihara sebagai burung hias atau burung lomba.

Baca Juga :  Mengetahui Fakta Menarik Mengenai Burung Derkuku yang Menakjubkan di Indonesia

Secara fisik, burung derkuku memiliki ukuran tubuh yang kecil dengan panjang sekitar 25 cm. Tubuhnya berwarna cokelat kehitaman dengan garis-garis putih pada bagian lehernya. Burung ini juga memiliki paruh pendek dan warna kaki yang mirip dengan warna kulitnya.

Cara Merawat Burung Derkuku

1. Kandang dan Perawatan

Untuk memelihara burung derkuku, kita harus menyiapkan kandang yang nyaman dan aman untuk mereka. Kandang untuk burung derkuku harus dibuat dari bahan yang kuat dan tahan terhadap cuaca. Pastikan kandang selalu bersih dan terhindar dari serangga dan penyakit. Selain itu, bersihkan juga wadah makanan dan minuman secara rutin.

2. Makanan dan Nutrisi

Sebagai pemilik burung derkuku, kita harus memberikan makanan yang sehat dan bergizi agar burung tersebut selalu dalam kondisi prima. Makanan dasar burung derkuku terdiri dari biji-bijian seperti jagung, kacang hijau, beras merah, dan lain sebagainya. Selain itu, kita dapat memberikan tambahan makanan seperti buah-buahan dan sayuran untuk memberikan variasi pada menu makanannya.

3. Perawatan Kesehatan

Mengingat burung derkuku tergolong hewan yang mudah terserang penyakit, maka kita harus selalu memperhatikan kesehatannya. Pastikan burung tetap terhindar dari serangan parasit seperti kutu dan tungau. Selain itu, berikan juga multivitamin dan mineral yang dibutuhkan agar burung tetap sehat dan aktif.

4. Latihan

Agar burung derkuku tetap sehat dan aktif, kita juga perlu memberikan latihan secara rutin. Caranya bisa dengan mengeluarkan burung dari kandang dan membiarkannya berjalan-jalan atau terbang bebas di dalam ruangan terlebih dahulu. Latihan ini sangat membantu untuk menjaga kondisi fisik burung agar tetap prima dan juga dapat melatih burung untuk bersosialisasi dengan manusia.

Kesimpulan

Merawat burung derkuku memang membutuhkan perhatian dan kesabaran yang cukup besar. Namun jika dilakukan dengan benar, burung derkuku akan menjadi sahabat yang setia dan juga memberikan hiburan melalui suaranya yang merdu. Selamat mencoba merawat burung derkuku dan semoga berhasil!

Baca Juga :  Mitos Tentang Burung Derkuku atau Tekukur Kuk 2 dan Kuk 3

Video Merawat Burung Derkuku

Visit Video

Hai para pembaca, bagi kalian yang memelihara burung derkuku, tentu saja merawatnya merupakan hal yang sangat penting. Sebab, burung derkuku merupakan jenis burung yang memiliki ciri khas suara kicauannya yang merdu dan dapat menjadi hiburan bagi pemiliknya ataupun penghuni rumah lainnya. Oleh karena itu, perawatan yang tepat akan membuat burung ini selalu sehat, aktif dan senang berkicau.

Perawatan burung derkuku yang pertama adalah memberikan pakan yang seimbang dan bergizi. Pastikan pakan burung terdiri dari biji-bijian, buah-buahan, sayuran dan protein hewani seperti jangkrik, cacing atau ulat hongkong. Tambahan garam dan multivitamin inilah yang akan menyokong kebutuhan nutrisi harian burung supaya tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Sebaiknya jangan memberi makanan manusia dan jangan terlalu sering atau berlebihan dalam pemberian Gula Merah pada burung derkuku.

Selain pakan, menjaga kebersihan kandang, tempat makan dan minum, serta peralatan mandinya sudah pasti sangat krusial. Bersihkan kotoran burung setiap hari untuk mencegah timbulnya bau dan penyakit. Berikan pasir untuk wadah bersih bersih diri si derkuku dan diusahakan agar wadah pasir tersebut tidak kotor atau tercampur fesesnya. Bila kokohnya brongsong sangat kurang memadai bisa di-upgrade dengan merombak ulang atau menambahkan tandon usuk kecil dari akar bambu ataupun pipa pvc. Trims teleh membaca tips-tips merawat Burung Derkuku. Semoga derkuku kesayangan kalian dapat terus mengembangkan kemampuan kicauannya dan tetap menyenangkan untuk dilihat.

Sekian, tips merawat burung derkuku yang dapat kami sampaikan pada kalian. Pastikan kamulah sebagai penghobi dan pejaga kedua peliharaan tersebut. Jangan lupa agar memberikan perhatian lebih dan kasih sayang pada burung yang telah menjadi sahabat setia selama ini. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.