Begini Cara Merawat Pleci Koloni Dalam Kandang Aviary

Pleci Koloni Dalam Kandang Aviary – Pleci merupakan spesies burung koloni. Dengan kata lain, mereka akan lebih aktif dan rajin berbunyi jika ditempatkan bersama sesama jenisnya. Oleh karena itu, perawatan Pleci koloni menjadi hal yang sangat penting. Selain dapat membuat burung ini rajin berkicau, perawatan ini juga bermanfaat untuk mencegah stres pada burung itu sendiri. Namun, perawatan ini bukanlah hal yang sembarangan. Ada beberapa tahap dan tips khusus yang perlu diperhatikan, terutama dalam hal pemilihan sangkar yang digunakan. Untuk memaksimalkan perawatan ini, seorang Plecimania harus memilih sangkar Aviary yang memang telah dirancang khusus untuk perawatan semacam ini.

Pola Perawatan Pleci Koloni

Pola perawatan Pleci koloni dalam sangkar Aviary memiliki beberapa tahapan penting yang perlu diterapkan. Dalam artikel ini, kami akan membahas pola perawatan tersebut secara rinci.

1. Mempersiapkan Sangkar Aviary

Tidak ada ukuran pasti tentang bagaimana sangkar Aviary yang ideal seharusnya. Yang jelas, sangkar yang ideal adalah yang nyaman dan aman untuk dihuni oleh burung-burung tersebut. Namun, untuk memberikan kesan cantik dan indah, Anda dapat menambahkan beberapa ornamen seperti tanaman dan hiasan lainnya.

2. Menyiapkan Pleci yang Tepat

Biasanya, burung yang akan diberikan perawatan ini adalah burung yang masih muda atau burung ombyokan. Namun, memilih Pleci yang sesuai untuk ditempatkan di dalam sangkar Aviary bukanlah hal yang mudah. Burung yang dipilih harus memenuhi beberapa kriteria berikut:

  • Burung tersebut aktif.
  • Kesehatan burung dalam kondisi baik dan tidak memiliki riwayat penyakit.
  • Tidak memiliki cacat.

3. Perawatan Rutin

Pola perawatan harian Pleci koloni dalam sangkar Aviary tidak jauh berbeda, namun perbedaan terletak pada pemberian pakan, pelatihan, dan beberapa aspek perawatan lainnya.

a. Pemberian Pakan Burung

Pemberian pakan burung perlu dilakukan dengan memberikan dua jenis pakan yang berbeda. Hal ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang beragam bagi burung Pleci.

b. Menghentikan Pemberian EF Jenis Kroto

Pemberian EF jenis kroto sebaiknya dihentikan, karena dapat menimbulkan datangnya semut yang membahayakan keselamatan burung itu sendiri.

Perawatan ini memiliki tujuan utama untuk mencegah timbulnya stres pada burung. Selain itu, perawatan ini juga berkontribusi dalam memaksimalkan perkembang biakan burung secara alami. Dengan menerapkan perawatan ini, burung jantan dan betina dapat saling mengenal dengan lebih baik. Dengan kata lain, perawatan Pleci koloni dalam sangkar Aviary membantu mempercepat proses penjodohan secara alami.