Ciri-Ciri dan Bentuk Pola Ekor Murai Batu Bordan

Pola Ekor Murai Batu Bordan – Murai batu bordan atau burung murai bordan merupakan salah satu jenis burung yang sangat populer di kalangan pecinta burung kicau. Burung ini memiliki ciri khas ekor yang unik, yakni pola warna yang terlihat seperti bordan atau garis putih pada ekor. Dalam artikel ini, kami akan membahas ciri-ciri dan bentuk pola ekor murai batu bordan secara detail.

Ciri-Ciri Murai Batu Bordan

Murai batu bordan memiliki ciri-ciri fisik yang mirip dengan jenis murai batu pada umumnya, yaitu dengan panjang tubuh sekitar 20-25 cm dan berat sekitar 60-80 gram. Burung ini memiliki bulu yang indah dan cenderung berwarna gelap pada bagian atasnya, dengan perpaduan warna putih atau keabu-abuan pada bagian bawahnya.

Salah satu ciri khas dari murai batu bordan adalah pada bagian ekornya yang memiliki pola warna khas bordan atau garis putih yang memanjang pada bulu-bulunya. Pola ini biasanya terlihat jelas pada saat burung ini sedang melakukan kicauan atau beraktivitas. Selain itu, burung ini juga memiliki suara yang merdu dan bisa mengeluarkan berbagai variasi suara kicauan yang indah.

Bentuk Pola Ekor Murai Batu Bordan

Pola ekor murai batu bordan terlihat unik dan menarik, membuat burung ini banyak diminati oleh para pecinta burung kicau. Berikut adalah beberapa bentuk pola ekor murai batu bordan yang umum terlihat:

1. Pola Bordan pada Ujung Ekor

Pola bordan yang paling umum pada murai batu bordan terletak pada ujung ekor, yaitu pada bulu ekor yang terakhir atau terpanjang. Pola bordan ini biasanya terlihat jelas dan simetris, dengan garis putih yang memanjang pada kedua sisi ekor.

Baca Juga :  Kicau Mania Enterprise Cup Feat juri Legend

2. Pola Bordan pada Bagian Tengah Ekor

Selain pada ujung ekor, pola bordan juga sering terlihat pada bagian tengah ekor. Pola ini biasanya tidak terlalu lebar dan terlihat lebih sederhana dibandingkan dengan pola pada ujung ekor.

3. Pola Bordan pada Seluruh Ekor

Pola bordan pada seluruh ekor murai batu bordan sangatlah indah dan menarik. Pola ini terlihat pada setiap bulu ekor, dengan garis putih yang memanjang dari pangkal hingga ujung bulu.

Kesimpulan

Murai batu bordan merupakan jenis burung kicau yang memiliki ciri khas pola bordan pada ekornya. Pola ini terlihat unik dan menarik, sehingga membuat burung ini banyak diminati oleh para pecinta burung kicau. Selain itu, burung ini juga memiliki suara kicauan yang merdu dan bisa mengeluarkan berbagai variasi suara yang indah.