Memilih Tempat Pakan Kenari yang Berkualitas

Memilih tempat pakan yang berkualitas adalah salah satu kunci penting dalam merawat burung kenari agar tetap sehat dan berkicau merdu. Tempat pakan yang bagus haruslah kuat, tahan lama, nyaman digunakan, dan mudah dibersihkan.

Bahan Tempat Pakan Kenari

Pertama, pilihlah bahan tempat pakan yang kuat dan tahan lama seperti plastik atau stainless steel. Bahan stainless steel adalah pilihan terbaik karena anti karat, kuat, dan awet. Namun harganya tentu lebih mahal dibandingkan plastik.

Bahan plastik yang bagus adalah HDPE atau polycarbonate. Pastikan memilih plastik food-grade yang aman untuk burung. Hindari bahan mudah patah, rapuh atau mudah berkarat.

Ukuran Tempat Pakan Kenari

Ukuran tempat pakan juga penting untuk diperhatikan. Pilih ukuran yang pas dengan ukuran sangkar supaya muat dan nyaman digunakan. Diameter standar tempat pakan kenari adalah 10-15 cm dengan tinggi 5-10 cm.

Jangan terlalu besar karena akan mengurangi ruang gerak burung di dalam sangkar. Sebaliknya jangan terlalu kecil karena pakan tidak akan cukup.

Model Tempat Pakan Kenari

Pilihan model tempat pakan kenari di pasaran cukup beragam, mulai dari tabung dispenser, cepuk, hingga kotak stainless. Pilih model yang bagian tutupnya menjorok ke dalam supaya pakan tidak mudah tumpah saat dimakan burung.

Beberapa rekomendasi model tempat pakan kenari:

Tabung Dispenser

Tabung bekas dispenser air minum dialihfungsikan menjadi tempat pakan burung. Cara membuatnya cukup mudah dengan menggunting bagian bawah tabung, lalu pasang tutup gabus yang menjorok ke dalam. Kelebihannya ringan dan harga murah.

Baca Juga :  Jenis Kenari: Panduan Komprehensif

Cepuk

Cepuk adalah tempat pakan khas burung dengan bagian tengah menjorok ke bawah sehingga pakan tidak mudah tumpah. Biasanya terbuat dari bahan plastik atau stainless steel. Harganya standar Rp5.000-15.000 per biji.

Cepuk Burung

Kotak Pakan Stainless

Kotak pakan dari bahan stainless steel adalah pilihan premium dengan kualitas terbaik. Desain tutup bagian tengah menjorok ke dalam mencegah pakan tumpah. Ada juga model stainless berbentuk silinder. Harganya mulai dari Rp30.000an.

Kemudahan Pembersihan

Faktor penting lainnya adalah kemudahan pembersihan. Pilih tempat pakan yang bagian dalamnya bisa dilepas, sehingga kotoran dan sisa pakan di bagian bawah bisa dibersihkan.

Hindari model yang monolit tanpa celah karena akan susah dibersihkan. Sisakan sedikit sisa pakan di tempat makan agar burung tetap mau makan di situ.

Harga Tempat Pakan Kenari

Harga tempat pakan kenari sangat bervariasi tergantung bahan dan modelnya:

  • Tabung dispenser modifikasi = Rp2.000-5.000
  • Cepuk plastik = Rp5.000-15.000
  • Cepuk stainless steel = Rp15.000-30.000
  • Kotak pakan stainless = Rp30.000-100.000

Bandingkan harga dari beberapa penjual sebelum memutuskan membeli. Produk premium biasanya dijual di toko burung khusus.

Toko Jual Tempat Pakan Kenari

Beli tempat pakan kenari di toko burung atau online shop yang sudah terpercaya dan banyak direkomendasikan para pecinta burung, seperti:

  • Tokopedia
  • Shopee
  • Blibli
  • Elite Song
  • Sempati Bird Shop

Pastikan membaca ulasan produk dan testimoni pembeli sebelum membeli. Hindari toko abal-abal yang menjual produk murahan.

Perawatan Tempat Pakan Kenari

Setelah menemukan tempat pakan kenari berkualitas, perawatan rutin juga diperlukan agar awet dan higienis. Berikut beberapa tips perawatannya:

Rutin Membersihkan

Bersihkan tempat pakan setidaknya 2 kali seminggu, terutama bagian dasar yang penuh kotoran dan sisa pakan. Caranya dengan merendam dalam air sabun, lalu disikat bersih.

Baca Juga :  Sayuran Untuk Burung Kenari dan Manfaatnya

Bagian tutup juga sering terkena semprotan kotoran sehingga perlu dibersihkan. Lap menggunakan kain lembab.

Hindari Penggunaan Sabun Antiseptik

Jangan gunakan sabun antiseptik atau desinfektan saat mencuci tempat pakan. Zat kimia tersebut berbahaya jika tertelan burung. Cukup gunakan sabun cuci biasa.

Bilas dengan Air Bersih

Pastikan membilas dengan air bersih setelah dicuci sabun agar tidak ada residu sabun. Keringkan sebelum diisi pakan kembali. Ganti air minum burung setiap hari.

Simpan di Tempat Bersih dan Kering

Jangan menyimpan tempat pakan di lantai atau tempat lembab. Simpan di rak atau tempat yang bersih dan kering agar tidak cepat berjamur.

Kesimpulan

Demikian informasi lengkap mengenai tips memilih dan merawat tempat pakan kenari agar burung tetap sehat dan ceria. Pilihlah bahan, ukuran dan model yang tepat sesuai kebutuhan. Jangan lupa membersihkan secara rutin. Semoga artikel ini bermanfaat!