5 Manfaat Pemberian Bawang Putih Untuk Burung kenari

Burung kenari merupakan salah satu jenis burung kicauan yang populer di kalangan pecinta burung. Burung ini dikenal memiliki suara yang merdu dan bulu yang indah. Selain itu, perawatan burung kenari juga terbilang cukup mudah.

Salah satu hal penting dalam merawat burung kenari adalah memberikan pakan yang bergizi. Selain pakan utama seperti biji-bijian, buah-buahan, dan serangga, burung kenari juga memerlukan pakan tambahan berupa vitamin dan mineral untuk menjaga kesehatan dan kualitas suaranya.

Bawang putih ternyata menjadi salah satu pakan tambahan yang sangat bermanfaat untuk burung kenari. Berikut ini adalah manfaat utama pemberian bawang putih pada burung kenari:

1. Menghangatkan Tubuh

Bawang putih dikenal memiliki khasiat untuk menghangatkan tubuh. Kandungan bawang putih mampu meningkatkan suhu tubuh dan metabolism burung kenari. Ini sangat berguna terutama menjelang musim hujan dimana suhu udara cenderung dingin. Dengan tubuh yang hangat, burung kenari akan terhindar dari berbagai penyakit.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Selain menghangatkan tubuh, bawang putih juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh burung kenari. Bawang putih mengandung senyawa allicin dan flavonoid yang bersifat sebagai antibiotik alami. Kedua senyawa ini mampu melawan infeksi bakteri dan virus yang menyerang burung. Meningkatnya daya tahan tubuh membuat burung kenari lebih kebal terhadap penyakit.

3. Mengobati Infeksi Saluran Pernapasan

Bawang putih juga ampuh untuk mengobati infeksi pada saluran pernapasan burung kenari seperti pilek dan batuk. Senyawa antibiotik pada bawang putih mampu membunuh kuman penyebab infeksi saluran pernapasan. Pemberian bawang putih secara rutin dapat menyembuhkan pilek dan batuk pada burung kenari.

Baca Juga :  Memilih Tempat Pakan Kenari yang Berkualitas

4. Meningkatkan Kualitas Bulu

Burung dengan bulu yang lebat dan mengkilap merupakan idaman para pecinta burung. Ternyata kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan pada bawang putih mampu memperbaiki pertumbuhan dan kualitas bulu burung kenari. Bulu burung kenari akan tumbuh lebat, halus, dan mengkilap setelah diberi tambahan pakan berupa bawang putih.

5. Meningkatkan Kualitas Suara

Salah satu manfaat menarik dari pemberian bawang putih pada burung kenari adalah dapat meningkatkan kualitas suara burung. Meski mekanismenya belum diketahui secara pasti, beberapa sumber menyebutkan bawang putih mampu membuat suara kenari lebih keras dan merdu. Diduga kandungan bawang putih memperkuat pita suara burung kenari.

Nah, itulah 5 manfaat utama pemberian bawang putih pada burung kenari yang perlu Anda ketahui. Selain bermanfaat untuk peliharaan, ternyata bawang putih juga baik untuk kesehatan pemiliknya lho.

Cara Memberikan Bawang Putih pada Burung Kenari

Setelah mengetahui berbagai manfaatnya, saatnya kita bahas cara memberikan bawang putih pada burung kenari. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Diberikan Langsung

Cara paling mudah adalah memberikan bawang putih langsung pada burung kenari. Ambil bawang putih, kupas kulitnya, lalu parut atau tumbuk sampai halus. Setelah itu, pegang burung kenari dan berikan tumbukan bawang putih secara oral menggunakan jari. Pastikan tidak terlalu banyak agar tidak tersedak.

2. Dicampur Pakan

Anda juga bisa mencampur bawang putih dengan pakan sehari-hari burung kenari, seperti biji-bijian atau buah-buahan. Caranya sama, haluskan bawang putih lalu campurkan ke dalam pakan burung dan berikan setiap hari. Rasanya memang agak aneh tapi baunya akan menutupi rasa pakan.

3. Dibuat Jus

Cara ketiga adalah membuat jus bawang putih untuk burung kenari. Haluskan bawang putih secukupnya, lalu rendam dengan air hangat dalam gelas. Diamkan beberapa jam hingga larut sempurna, lalu saring dan dinginkan. Jus bawang putih ini siap diberikan pada burung kenari sebagai pengganti air minum.

Baca Juga :  Cara Ternak Kenari: Panduan Lengkap untuk Pemula

Tips dan Perhatian Pemberian Bawang Putih

Meski aman, ada beberapa tips dan perhatian dalam pemberian bawang putih pada burung kenari, di antaranya:

  • Pemberian bawang putih harus teratur dan rutin, misal 2-3 kali dalam seminggu.
  • Jangan memberikan bawang putih dalam jumlah berlebihan karena dapat berbahaya bagi kesehatan burung.
  • Selalu konsultasikan dosis pemberian bawang putih pada dokter hewan ternak burung.
  • Perhatikan kondisi burung kenari setelah pemberian bawang putih. Jika ada efek samping seperti diare, segera hentikan pemberiannya.
  • Simpan bawang putih pada tempat sejuk, kering, dan tertutup rapat agar khasiatnya tidak berkurang.

Nah, itu dia pembahasan lengkap mengenai manfaat dan cara pemberian bawang putih pada burung kenari. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi Anda para pecinta burung kicauan, khususnya burung kenari. Jangan lupa bagikan informasi ini ke teman dan saudara pecinta burung lainnya ya.

Penutup

Demikian artikel lengkap tentang berbagai manfaat bawang putih dan cara pemberiannya pada burung kenari. Intinya, bawang putih sangat baik untuk menjaga kesehatan, meningkatkan kualitas bulu dan suara, serta mencegah berbagai penyakit pada burung kenari.

Pastikan pemberian bawang putih rutin dengan takaran yang tepat agar burung kenari Anda tetap sehat dan memiliki suara yang indah merdu. Jangan ragu untuk konsultasi lebih lanjut dengan dokter hewan mengenai dosis pemberian bawang putih yang ideal bagi burung kesayangan.

Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih telah membaca sampai akhir.