Manfaat Memelihara Burung Perkutut: Suara Merdu dan Pemikat Jodoh

Burung Perkutut atau dalam bahasa latinnya Geopelia Striata, merupakan burung yang jarang diketahui oleh orang-orang. Meskipun memiliki suara yang merdu, burung ini lebih dikenal sebagai burung liar yang biasa berkicau di alam bebas.Namun, tahukah kamu bahwa ternyata burung Perkutut dapat dijinakkan dan dipelihara di rumah? Bahkan, burung ini sering dipilih sebagai hewan peliharaan karena keindahan bulunya, serta suara kicauannya yang merdu dan tenang.

Bahkan menurut sebuah studi, burung Perkutut memiliki suara yang dapat menenangkan pikiran dan membuat tubuh menjadi lebih rileks. Jadi, jika kamu mengalami stres atau kesulitan tidur, mungkin memelihara burung Perkutut bisa menjadi solusi yang tepat untuk kamu.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera cari tahu cara merawat burung Perkutut dengan baik agar bulunya tetap indah dan suaranya tetap merdu. Peliharalah burung Perkutut di rumahmu dan rasakan manfaatnya bagi kesehatan dan kebahagiaanmu!

 

Burung Perkutut
“Burung Perkutut”

Burung perkutut adalah salah satu burung kicauan yang menarik perhatian banyak orang. Perkutut memiliki suara yang merdu dan sangat enak didengar. Selain itu, mereka juga memiliki penampilan yang menarik, terutama pada masa kawin.

Perawatan Burung Perkutut

Agar burung perkutut tetap sehat dan dapat berkicau dengan baik, maka diperlukan perawatan yang baik pula. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat burung perkutut:

Menyediakan Kandang yang Cocok

Kandang yang cocok untuk burung perkutut adalah kandang berbentuk persegi atau segiempat dengan ukuran sedang. Kandang ini juga harus diisi dengan sangkar dan batu untuk posisi menjulurkan ekor. Selain itu, kandang juga harus dilengkapi dengan pengatur suhu agar burung tidak merasa terlalu panas atau terlalu dingin.

Baca Juga :  Manfaat Tersembunyi dari Burung Perkutut

Memberikan Makanan dan Minuman yang Baik

Burung perkutut dapat diberikan berbagai jenis makanan seperti biji-bijian, sayuran dan buah-buahan. Namun, yang perlu diperhatikan adalah jangan memberikan makanan yang terlalu basah. Selain itu, pastikan burung selalu memiliki air bersih yang cukup agar tidak dehidrasi.

Merawat Bulunya

Pastikan bulu burung perkutut selalu bersih dan rapi. Caranya dengan memberikan mandi secara rutin dan menyikat bulu yang rontok. Selain itu, perhatikan juga kuku dan paruh burung, jika tumbuh terlalu panjang maka potonglah agar tidak mengganggu kesehatan burung.

Cara Memelihara Burung Perkutut

Terkadang, memelihara burung perkutut menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi para pecinta burung. Berikut adalah beberapa cara untuk memelihara burung perkutut:

Membeli Burung yang Sehat

Saat membeli burung perkutut, pastikan burung yang dibeli dalam keadaan sehat. Pilih burung yang memiliki bulu yang bersih dan rapi, terlihat aktif dan energik. Jangan lupa untuk menanyakan riwayat kesehatan burung tersebut kepada penjualnya.

Menjaga Kebersihan Kandang

Agar burung perkutut tetap sehat, pastikan juga kandang selalu bersih dari kotoran dan sisa makanan. Buang sisa makanan secara berkala dan bersihkan kandang minimal satu kali dalam seminggu. Hal ini akan membantu menjaga kesehatan burung dan mencegah timbulnya penyakit.

Melatih Burung

Burung perkutut perlu dilatih agar mampu berkicau dengan baik. Caranya dengan menyalakan suara rekaman atau menggunakan CD kicauan burung perkutut yang sering dipakai dalam kontes. Selain itu, latih burung dalam sesi-sesi singkat dan jangan terlalu sering agar burung tidak cepat lelah.

Keunikan Burung Perkutut

Burung perkutut memiliki beberapa keunikan yang membuat mereka menjadi burung yang menarik untuk dipelihara. Berikut adalah beberapa keunikan yang dimilikinya:

Suara Merdu

Perkutut dikenal dengan suaran yang merdu dan khas. Suara mereka dapat dijadikan sebagai pelipur stress dan membantu meningkatkan mood yang baik.

Penampilan Masa Kawin yang Menarik

Ketika musim kawin tiba, burung perkutut akan memperlihatkan penampilan yang menarik seperti bulu yang lebih mengkilap, mata yang bersinar dan suara yang lebih keras. Hal ini menjadikan burung perkutut idola para pecinta burung.

Baca Juga :  Undangan Silaturahmi Latber Perkutut Lokal Alam

Berendam dengan Enaknya

Burung perkutut sangat menyukai air sehingga kerap berendam atau mandi. Saat berenang burung perkutut akan menyeruakkan bulunya dan terlihat sangat lucu.

Dari ulasan di atas, terlihat bahwa perkutut adalah salah satu burung yang menarik untuk dipelihara. Dengan perawatan dan pengasuhan yang baik maka burung perkutut akan menjadi burung yang sehat dan mampu berkicau dengan baik.

Video Burung Perkutut

Visit Video

Selamat datang para pembaca yang budiman, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai Burung Perkutut. Burung ini sangat populer di Indonesia sebagai burung peliharaan atau juga sebagai burung kompetisi. Berikut adalah informasi mengenai Burung Perkutut yang dapat dijadikan referensi bagi pembaca.

Pertama-tama, Burung Perkutut memiliki nama ilmiah Geopelia striata dan merupakan salah satu jenis burung dara. Burung ini berasal dari wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam dan Filipina. Burung Perkutut biasanya dapat ditemukan di hutan-hutan, kebun-kebun, dan juga di lingkungan perkotaan.

Burung Perkutut dipelihara sebagai burung hias karena memiliki bulu yang indah, suaranya yang merdu dan mudah untuk dirawat. Namun, burung ini juga banyak digunakan untuk pertandingan seperti adu keindahan bulu atau kicau mania. Ketika lomba berlangsung, burung Perkutut akan duduk di atas sangkar sambil bersuara untuk menarik perhatian juri. Penilaian dilakukan berdasarkan keindahan bulu, gerakan, dan suara yang dihasilkan oleh Burung Perkutut.

Untuk merawat Burung Perkutut di rumah, harus memperhatikan beberapa hal seperti pemberian makanan yang sehat, tempat tinggal yang nyaman dan juga memberikan waktu berkicau agar burung tersebut merasa senang. Selain itu, perlu diperhatikan juga kesehatan Burung Perkutut dengan membawanya ke dokter hewan secara berkala. Oleh karena itu, bagi para pembaca yang ingin memelihara burung peliharaan yang unik dan merdu, Burung Perkutut adalah pilihan yang tepat.

Demikianlah informasi mengenai Burung Perkutut yang dapat kami sampaikan, kami harap artikel ini bermanfaat bagi para pembaca yang berencana untuk memelihara Burung Perkutut sebagai burung peliharaan maupun untuk keperluan lomba. Terima kasih telah membaca artikel kami.