Kenari F1sf, Primadona Para Penghobi Burung Berkicau

Kenari merupakan salah satu burung kicau paling populer di Indonesia. Beragam jenis dan varietas kenari beredar di pasaran dengan harga yang bervariasi. Salah satu jenis kenari unggulan saat ini adalah kenari F1sf.

Kenari F1sf adalah hasil persilangan atau hybrid antara jenis kenari Scot Fancy asal Skotlandia dengan kenari lokal Indonesia. Persilangan ini bertujuan untuk mendapatkan kenari dengan kualitas suara dan penampilan terbaik dari kedua induknya.

Sejarah Singkat Kenari F1sf

Kenari Scot Fancy pertama kali dikembangkan di Skotlandia sekitar abad ke-17. Jenis ini dikenal dengan ciri fisik khasnya yaitu mahkota bulu di kepala yang tebal dan unik. Warna bulunya pun beragam mulai dari kuning, coklat, hingga hitam kebiruan.

Kenari Scot Fancy populer sebagai burung kontes dan kompetisi kicau karena suaranya yang merdu dan khas. Jenis ini kemudian banyak diekspor ke berbagai negara termasuk Indonesia.

Di Indonesia, kenari Scot Fancy disilangkan dengan kenari lokal yang sudah terkenal dengan suara dan gerak tubuhnya yang lincah saat berkicau. Hasil persilangan inilah yang kemudian dikenal dengan nama kenari F1sf.

F1sf sendiri merupakan singkatan dari First Generation Scot Fancy, yang mengindikasikan ini merupakan hasil persilangan generasi pertama.

Cirri Khas Kenari F1sf

Kenari F1sf memiliki beberapa keunggulan dibandingkan kenari lokal murni maupun Scot Fancy murni. Berikut ini cirri khas kenari F1sf:

1. Suara yang Merdu

Kenari F1sf dikenal memiliki suara yang nyaring dan merdu. Hasil persilangan dengan kenari lokal membuat suaranya lebih keras dan jernih dibandingkan Scot Fancy murni. Durasi kicauannya juga lebih panjang.

2. Gerakan yang Lincah

Salah satu ciri khas kenari F1sf adalah gerakan tubuhnya yang lincah dan penuh energi saat berkicau. Kenari jenis ini sering disebut “gacor” karena suka melompat-lompat dan menari di dalam sangkar saat berkicau. Sifat ini didapat dari kenari lokal Indonesia.

3. Mahkota Kepala Lebat

Meskipun sudah disilangkan, kenari F1sf masih mewarisi mahkota bulu di kepala yang tebal dan unik dari kenari Scot Fancy. Mahkota inilah yang membuat penampilan kenari F1sf terlihat cantik dan elegan.

4. Postur Tubuh Sempurna

Bentuk dan ukuran tubuh kenari F1sf proporsional dan ideal. Dadanya bidang, paruh dan kakinya cukup panjang, serta bulu berwarna cerah mengkilap. Postur tubuh sempurna ini menjadikannya cocok untuk diikutkan dalam kontes.

5. Harga Tinggi

Karena kualitas dan keunggulannya, harga kenari F1sf biasanya jauh lebih mahal dibandingkan kenari lokal biasa. Harga kisaran Rp 600.000 hingga lebih dari Rp 1.000.000 per ekor.

Perawatan Kenari F1sf

Agar kenari F1sf dapat tumbuh sehat dan berkicau dengan optimal, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perawatannya, yaitu:

  • Pemberian pakan berkualitas. Pakan kenari sebaiknya berupa biji-bijian dan buah-buahan segar yang mengandung gizi seimbang. Hindari pakan berserat tinggi.
  • Sangkar besar dan bersih. Ukuran sangkar minimal 30x30x40 cm agar kenari leluasa bergerak dan berkicau. Hindari sangkar sempit yang bisa streskan kenari. Bersihkan sangkar secara rutin.
  • Mandikan 1-2 kali seminggu. Gunakan air bersih dan suhu ruangan. Bantu menjaga bulu dan kaki tetap bersih.
  • Pemasteran dan pembibitan. Untuk berkembang biak, kenari F1sf harus dipasangkan dengan kenari unggul lainnya. Telur hasil pembibitan juga perlu dirawat intensif.
  • Perhatikan kondisi kaki. Pastikan kaki tidak bengkak atau cidera karena bisa mengganggu pergerakannya.

Dengan perawatan yang tepat, umur kenari F1sf bisa mencapai 5-10 tahun.

Tips Memilih Kenari F1sf Unggul

Bagi Anda yang ingin memelihara kenari F1sf, berikut ini beberapa tips memilih kenari F1sf unggul:

  • Pilih kenari dengan postur tubuh proporsional dan bulu mengkilap.
  • Mahkota di kepala harus tebal dan simetris.
  • Suara kicauannya nyaring dan jernih saat dimainkan.
  • Mata cerah dan bersih, paruh dan kaki tidak pucat.
  • Harganya sesuai standar pasaran kenari unggul.
  • Beli dari breeder atau komunitas kenari terpercaya.
  • Pastikan mendapatkan sertifikat dan garansi untuk bukti keaslian.

Tantangan Membesarkan Kenari F1sf

Meski berkualitas unggul, membesarkan kenari F1sf juga tidak mudah dan menghadapi beberapa tantangan, di antaranya:

  • Harga pakan mahal. Pakan khusus kenari berkualitas biasanya lebih mahal dibandingkan pakan burung lain.
  • Rentan stres dan sakit. Stres bisa memicu penyakit seperti peradangan kaki atau kebotakan bulu pada kenari F1sf.
  • Perawatan rutin memakan waktu. Pemilik harus rutin membersihkan sangkar dan memandikan kenari agar bulu dan kakinya tetap sehat.
  • Kurang pengalaman pembibitan. Tidak semua pemilik memiliki pengalaman cukup soal cara pemasteran dan penetasan telur kenari.
  • Persaingan ketat di kontes. Sulit menang kontes kenari karena banyak kompetitor lain dengan kenari unggulan.

Jadi memelihara kenari F1sf bukan tanpa tantangan. Diperlukan perawatan ekstra dan pengalaman cukup agar kenari bisa tumbuh optimal.

Kesimpulan

Itulah ulasan lengkap mengenai kenari F1sf mulai dari sejarah, cirri khas, perawatan, hingga tantangan dalam membesarkannya. Kenari hasil persilangan ini merupakan primadona para penghobi dan pecinta burung kicau di Indonesia.

Dengan harga jual tinggi dan kualitas suara serta penampilan yang unggul, wajar bila banyak orang yang tertarik untuk memelihara kenari F1sf. Namun, tentu diperlukan perhatian ekstra dan biaya lebih besar untuk merawat jenis kenari langka ini.

Bagi Anda yang baru belajar memelihara burung kicau, mungkin lebih baik mulai dari jenis kenari lokal terlebih dahulu untuk mengasah kemampuan. Jika sudah berpengalaman, barulah berinvestasi untuk memelihara kenari unggulan seperti F1sf.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah wawasan Anda tentang salah satu jenis kenari unggul di Indonesia, yaitu kenari F1sf. Jika tertarik untuk membelinya, pastikan mencari breeder kenari terpercaya agar mendapatkan kenari F1sf asli dengan kualitas terbaik. Selamat berburung ria!