Inilah 7 Ciri-ciri Burung Murai Batu Trotol Jantan

Ciri Murai Batu Trotol Jantan – Burung Murai Batu merupakan salah satu jenis burung yang banyak dipelihara oleh penghobi kicau mania dikarenakan memiliki suara yang sangat merdu dan memiliki bulu warna yang menarik.

Murai batu anakan atau biasa disebut Trotol, murai trotolan banyak peminatnya di karenakan harganya relatif agak miring ketimbang indukan maupun Murai Batu siapan, sehingga banyak penghobi kicau mania menangkarkan muraibatu untuk dijual trotolanya.

Trotolan Burung Super Murai Batu yang banyak paling banyak dicari adalah jenis kelamin jantan. Biasanya akan digunakan untuk lomba maupun di tangkarkan.

Berikut beberapa ciri Murai batu Trotol Jantan

Secara fisik trotolan Murai batu memiliki bentuk dan warna yang hampir sama, tetapi kita tetap bisa membedakan jenis kelamin antara betina dan jantan dengan cara membandingkan bentuk fisik dengan detail. Inilah ciri fisik Burung Super trotolan murai jantan.

Ekor Trotolan MB Jantan Lebih Panjang dari Betina

Trotolan MB memiliki 4 ekor warna, hitam atau ekor utama dan ekor kedua. Dengan melihat ekor tersebut anda bisa memastikan anakan MB jantan atau betina.

Burung Murai Baru trotolan Jantan memiliki warna Lebih Tajam

Anakan Murai Batu jantan memiliki warna bulu yang lebih tajam dari trotolan betina, bulu yang paling nampak tajamnya adalah bulu bagian dada, leher serta punggungnya. Jika umur trotolan sudah masuk usia 4 bulan maka akan tumbuh bulu yang mengkilap hitam kebiruan meski masih sedikit.

Baca Juga :  Ciri-Ciri dan Bentuk Pola Ekor Murai Batu Bordan

Trotolan Murai Batu Jantan

Memiliki Paruh yang tebal

Trotolan Murai Batu jantan mempunyai paruh yang tebal baik bagian atas maupun paruh bawah, jika dilihat dari samping nampak agak cembung kebawah.

Trotoaln MB Jantan memiliki Bentuk Kepala Besar dan tampak datar

Sama halnya murai batu indukan/dewasa tak jauh beda.

Trotol Murai Batu Mempunyai Kaki Kekar

Bentuk kaki anakan murai batu terlihat gagah, kekar dan tampak besar.serta memiliki jari kakinya dengan ukuran yang besar.

Dari segi Mata MB Trotolan Terlihat Tajam

Mata trotolan MB jantan terlihat besar dan menatap tajam, garis yang melingkar disekitar mata juga tampak tajam memiliki warna tegas dan tebal.

Mempunyai suara lebih kasar

Murai batu Trotolan belum bisa bisa berkicau dengan sempurna, tapi sudah bisa bersuara seperti trek trek. Suara tretekan trotol MB jantan biasanya keras dan jernih.

Saat umur 3 bulan keatas biasanya trotolan jantan mulai ngriwik, ini tandanya dia lagi belajar berkicau.

Sedangkan untuk trotolan murai batu betina, tidak ngeriwik tapi langsung ngeplong saat usinya diatas 4bulan.

Trotol Murai Batu JantanDari semua ciri ciri tersebut, bagi yang masih pemula dalam dunia burung khususnya murai batu dan masih ragu-ragu, kami saran, sebaiknya membeli langsung dari penangkar murai batu atau langsung ke pedagang burung murai batu, agar lebih aman mintalah garansi bila burung suoer murai batu trotol yang anda beli bener-bener berkelamin jantan.