10 Fakta Mengejutkan Tentang Burung Hantu

Burung hantu – Sejak zaman Yunani kuno, burung hantu telah dikaitkan dengan kebijaksanaan. Dalam mitologi Yunani, burung hantu adalah atribut dewi Athena, yang dikatakan telah menetas dari telur yang dia menangkan dalam pertempuran melawan Poseidon. Dalam banyak budaya, burung hantu dipandang sebagai pertanda berita buruk, dan sebagai simbol kematian. Namun, dalam kebanyakan kasus, burung hantu juga dianggap sebagai simbol kecerdasan, siluman, dan perlindungan. Berikut 10 Fakta Mengejutkan Tentang Burung Hantu

Berbagai Jenis Burung Hantu

Ada banyak jenis burung hantu, yang bervariasi dalam ukuran, warna dan fitur. Beberapa varietas burung hantu yang paling umum termasuk burung hantu gudang, burung hantu bertanduk besar, burung hantu bersalju dan burung hantu dilarang.

Burung hantu biasanya berwarna coklat muda atau putih, dengan wajah berbentuk hati. Mereka tinggal di daerah pedesaan dan dapat ditemukan di dekat lumbung dan bangunan terbengkalai lainnya. Burung hantu bertanduk besar adalah spesies burung hantu Amerika Utara terbesar dan tingginya bisa mencapai dua kaki. Mereka memiliki tubuh coklat dengan mata oranye besar dan bulu hitam di sekitar wajah mereka. Burung hantu bersalju adalah spesies burung hantu Amerika Utara terberat dan beratnya bisa mencapai empat pon. Mereka sebagian besar berwarna putih, tetapi memiliki tanda hitam di kepala dan sayap mereka. Burung hantu barred adalah burung hantu berukuran sedang dengan tubuh coklat kastanye dan pembatasan pada sayap dan bulu ekornya.

Jenis Burung Hantu di Indonesia

Setidaknya ada 8 jenis burung hantu yang ditemukan di Indonesia, di antaranya burung hantu bismarck yang rentan, burung hantu Maluku yang terancam punah, dan burung hantu biasa. Yang paling tersebar luas adalah burung hantu kayu tutul, yang ditemukan di sebagian besar nusantara. Burung hantu lain yang ditemukan di Indonesia termasuk burung hantu bertopeng, burung hantu ikan buffy, burung hantu jawa, burung hantu ferruginous, burung hantu sumba dan burung hantu Flores.

Burung hantu terbesar di Indonesia adalah Burung Hantu Elang Bismarck, yang dapat berukuran panjang hingga 50 cm dengan lebar sayap hingga 150 cm. Spesies ini sebagian besar berwarna coklat dengan tanda hitam di kepala dan sayap, dan memiliki bercak putih khas di tenggorokannya.

Baca Juga :  Layangan Burung Hantu: Seni Terbang yang Menawan

Ciri Khusus Burung Hantu

salah satu ciri yang dimiliki burung hantu adalah matanya yang besar. Mata ini menghadap ke depan, memungkinkan burung hantu memiliki penglihatan binokular, yang memberikan persepsi kedalaman yang baik. Ini berguna saat burung hantu berburu karena memungkinkan burung hantu melihat mangsanya dengan jelas. Burung hantu juga memiliki cakram wajah, yang merupakan area melingkar dari bulu yang mengelilingi paruh. Cakram wajah ini membantu burung hantu untuk menyalurkan suara ke telinganya, yang memungkinkan burung hantu untuk mendengar mangsa yang tersembunyi dari pandangan. Selain itu, burung hantu memiliki bulu di sayapnya yang membantu mereka terbang tanpa suara, membuat mereka cenderung tidak terdeteksi oleh mangsanya.

Burung Hantu Paruh Kodok

Burung hantu paruh kodok adalah anggota keluarga burung hantu yang kurang dikenal yang ditemukan di Amerika tropis dan subtropis. Burung hantu berukuran sedang ini memiliki kepala bulat, mata kuning besar, dan paruh kekar yang memberikan namanya. Burung hantu paruh katak kebanyakan aktif di malam hari, tetapi terkadang mereka terlihat berburu di siang hari. Mereka memangsa berbagai hewan kecil, termasuk katak, kadal, ular, tikus, dan burung.

Burung hantu paruh kodok hidup di hutan dan hutan dekat rawa dan lahan basah. Mereka membangun sarangnya di pohon atau semak belukar yang dekat dengan air.

Apa yang dimakan burung hantu?

Burung hantu adalah hewan karnivora yang terutama memakan mamalia kecil, seperti tikus, kelinci, dan kelinci. Mereka juga akan memakan amfibi, reptil, burung, dan serangga. Beberapa burung hantu diketahui memakan ikan atau krustasea. Bergantung pada ukuran burung hantu dan ketersediaan mangsa di wilayahnya, burung hantu dapat mengonsumsi makanan antara 1 hingga 2,5 kali beratnya sendiri setiap hari.

Bagaimana burung hantu terbang?

Ada banyak teori berbeda tentang bagaimana burung hantu terbang, tetapi teori yang paling populer adalah mereka menggunakan kombinasi panas dan hembusan angin untuk tetap di udara. Lebar sayap mereka yang besar juga membantu mereka tetap di udara untuk waktu yang lama. Burung hantu bisa terbang hingga 25 mil per jam, dan mereka bisa terbang berjam-jam tanpa lelah.

Tempat tinggal burung hantu

Beberapa orang memperdebatkan pertanyaan tentang di mana burung hantu tinggal. Ada yang mengatakan mereka hidup di pohon, sementara yang lain mengklaim mereka membuat sarang di tanah. Yang benar adalah burung hantu dapat hidup di sejumlah tempat, tergantung pada jenis burung hantu dan lingkungan tempat tinggalnya.

Burung hantu gudang, misalnya, biasanya membuat rumah mereka di lumbung dan bangunan luar lainnya. Mereka suka bersarang di tempat yang gelap dan tenang di mana ada banyak serangga untuk dimakan. Burung hantu juga suka tinggal di pohon, tetapi mereka juga akan membangun sarang di tanah jika perlu. Burung hantu salju sering bertengger di tanah dekat ladang terbuka, tetapi mereka juga akan bersarang di pohon-pohon tinggi jika mereka dapat menemukan tempat yang aman.

Baca Juga :  Macam Burung Kicau: Jenis, Suara, dan Budaya

Ada beberapa spesies burung hantu, seperti burung hantu bertanduk besar, yang dapat beradaptasi untuk hidup hampir di mana saja.

Burung hantu dan mitologi

Ada banyak contoh burung hantu dalam mitologi. Athena, dewi kebijaksanaan Yunani, memiliki burung hantu bertengger di bahunya. Burung hantu juga dikaitkan dengan dewa Romawi Minerva. Dalam agama Hindu, Dewa Wisnu sering digambarkan memegang burung hantu di satu tangan. Burung hantu adalah simbol pengetahuan dan kebijaksanaan dalam budaya ini.

Penduduk asli Amerika memiliki mitologi yang kaya yang melibatkan burung hantu. Beberapa suku percaya bahwa burung hantu adalah arwah orang mati. Yang lain berpikir bahwa burung hantu dapat melihat masa depan dan dapat membantu orang menemukan barang yang hilang. Burung hantu sering dilihat sebagai simbol perubahan atau transformasi dalam mitos ini.

Pertanda burung hantu masuk rumah malam hari

Burung hantu adalah pemandangan yang indah untuk dilihat di siang hari, tetapi jika Anda melihatnya di malam hari, itu mungkin pertanda bahwa sesuatu yang buruk akan terjadi. Jika Anda melihat burung hantu memasuki rumah Anda, itu berarti kematian akan segera datang. Dalam beberapa budaya, burung hantu yang memasuki rumah dianggap sebagai pertanda buruk.

Gambar Burung Hantu Keren

Gambar burung hantu keren

Ada sesuatu yang tidak dapat disangkal keren tentang gambar burung hantu. Mungkin karena mata mereka yang besar, atau postur mereka yang anggun, tetapi burung-burung ini memiliki mistik tertentu tentang mereka. Bahkan mereka yang biasanya bukan birders dapat menghargai gambar burung hantu yang bagus.

Burung hantu adalah salah satu keluarga burung yang paling beragam di dunia, dengan lebih dari 200 spesies. Mereka dapat ditemukan di setiap benua kecuali Antartika, dan ukurannya berkisar dari burung hantu penggali empat ons hingga burung hantu abu-abu besar, yang beratnya bisa mencapai 4,5 pon.

Burung hantu adalah predator, dan berburu mamalia kecil, serangga, dan burung lainnya. Mereka memiliki pendengaran dan penglihatan yang sangat tajam, yang membantu mereka menemukan mangsa dalam kegelapan total. Burung hantu juga dikenal dengan teriakan khasnya.

Meskipun sifatnya predator, burung hantu umumnya dianggap hewan lembut yang tidak agresif terhadap manusia.

Kesimpulan

Burung hantu adalah simbol kebijaksanaan dan pengetahuan. Dikatakan bahwa burung hantu dapat melihat dalam kegelapan, dan mereka dapat belajar dari kesalahan mereka. Burung hantu juga dikenal karena penerbangannya yang sunyi. Kualitas-kualitas ini menjadikan burung hantu sebagai simbol yang sempurna untuk belajar dan untuk mendapatkan pengetahuan.