Burung Decu: Cara Merawat, Membedakan Kelamin, Harga, dan Masteran

Burung decu adalah jenis burung passerine kecil yang ditemukan di hutan-hutan Indonesia. Mereka mudah dikenali dari garis hitam dan putihnya yang khas, yang memanjang dari paruh hingga ekornya. Tanda-tanda ini membantu menyamarkan burung di vegetasi lebat di rumah tropis mereka. Burung decu dewasa berukuran antara 5 dan 6 inci panjangnya, dan beratnya antara 1 dan 2 ons.

Bulu mereka sebagian besar warna hitam, dengan garis-garis putih mengalir di sisi kepala, leher, dan payudara mereka. Ujung sayap dan ekornya juga warna putih, dan mereka memiliki paruh panjang dan tipis berwarna hitam kecuali bercak kuning kecil di dekat ujungnya. Kaki dan kaki mereka juga berwarna hitam. Burung decu jantan dan betina terlihat sama, hanya saja betinanya sedikit lebih kecil dari jantan.

Karakteristik

Burung kicauan decu belang memiliki garis-garis hitam dan putih yang mengalir di tubuh mereka dan paruh merah. Mereka adalah burung pemalu dan tinggal di pohon, di mana mereka membangun sarang yang terbuat dari ranting. Burung decu memakan serangga dan buah-buahan, burung decu mirip burung kacer poci yang berwarna hitam dan putih.

Jenis Burung Decu

Ada banyak sekali jenis burung di dunia ini. Salah satu jenis burung yang paling unik dan menarik adalah burung decu. Burung decu adalah burung belang yang banyak ditemukan di Afrika. Burung ini adalah anggota dari keluarga penenun, dan dikenal dengan garis-garis warna-warni dan bulu ekornya yang panjang. Burung decu dapat dikenali dari paruh dan dadanya yang berwarna merah cerah, kepala berwarna hitam, leher dan bagian bawah berwarna putih, serta sayap dan ekor bergaris hitam-putih. Burung ini biasanya hidup di daerah terbuka dekat air, seperti rawa-rawa atau lahan basah. Burung decu memakan serangga, laba-laba, reptil kecil, dan hewan pengerat.

Makanan

Burung decu adalah spesies omnivora, dan memakan serangga dan buah-buahan. Burung ini bersifat diurnal, artinya mereka aktif di siang hari. Mereka hidup dalam kelompok kecil yang terdiri dari 5-10 individu, dan bersarang di pohon atau semak belukar. Telur burung decu berwarna krem, dan ditandai dengan bintik-bintik coklat.

Habitat

Burung belang decu adalah makhluk cantik yang dapat ditemukan di hutan hujan Amerika Selatan. Burung ini sangat dicari oleh para pecinta burung karena warnanya yang cerah dan ciri khasnya yang unik. Burung belang decu hidup di berbagai habitat, termasuk hutan hujan, hutan, dan semak belukar. Mereka juga diketahui menghuni habitat buatan manusia, seperti taman dan kebun. Burung ini dapat ditemukan berkelompok atau berpasangan dan menggunakan paruhnya yang kuat untuk memakan serangga, buah, dan biji-bijian.

Burung Decu

Perbedaan Kelamin Burung Decu Belang Jantan dan Betina

Burung decu belang jantan dan betina terlihat sama, kecuali jantan lebih besar dari betina. Burung ini bersifat monogami dan hidup berpasangan. Mereka membangun sarang mereka bersama-sama dari ranting, rumput, dan daun. Betina bertelur 2-4 telur, yang diinkubasi jantan selama sekitar dua minggu. Anak ayam tinggal bersama orang tua selama sekitar dua bulan.

Cara Membedakan Burung Decu Jantan dan Betina

Burung Decu jantan dan betina dapat dengan mudah dibedakan dari penampilannya. Burung Decu jantan belang, sedangkan burung Decu betina tidak. Ini kemungkinan merupakan adaptasi yang membantu pejantan menarik pasangan. Selain itu, jantan cenderung sedikit lebih besar daripada betina.

Harga Burung Decu

Harga burung decu

Harga rata-rata untuk burung decu dipasaran toko lokal dan marketplace kisaran 250rb hingga 700rb, tetapi harga dapat bervariasi tergantung pada usia, warna, dan karakter burung tersebut.

Bagaimana Kebiasaan dan Letak Sarangnya?

Sarang Burung Decu Striped adalah burung kecil seukuran burung gereja yang ditemukan di hutan terbuka dan padang rumput di Afrika timur dan selatan. Sarangnya adalah bola rumput kering yang kompak, dilapisi dengan rumput halus, rambut, atau bulu. Biasanya ditempatkan di semak rendah atau di tanah. Burung-burung biasanya membangun sarangnya di dekat tanah, sering kali tingginya kurang dari 1 meter (3 kaki).

Cara Merawat Burung Decu

Burung decu belang adalah makhluk kecil yang halus yang membutuhkan perawatan khusus. Berikut beberapa tips cara merawat burung decu Anda:

  1. Pastikan burung decu Anda memiliki tempat yang bersih, nyaman untuk tidur dan bermain.
  2. Sediakan banyak buah dan sayuran segar untuk dimakan.
  3. Jaga agar lingkungan burung tetap berventilasi dan lembab.
  4. Mandikan burung secara teratur menggunakan sabun lembut atau sampo khusus burung.
  5. Pastikan burung decu Anda banyak berolahraga dengan menyediakan tempat bertengger dan mainan untuk dimainkannya.

Perawatan Harian Burung decu belang

Burung decu mudah dirawat dan menjadi hewan peliharaan yang hebat. Di alam liar, mereka hidup dalam kawanan besar dan memakan buah, serangga, dan nektar. Di penangkaran, mereka membutuhkan makanan yang tinggi protein dan termasuk buah dan sayuran segar. Burung decu juga membutuhkan kandang besar dengan banyak tempat bertengger dan cabang untuk memanjat. Kandang harus ditempatkan di lokasi yang cerah di mana burung bisa berolahraga. Burung decus bergaris membutuhkan perhatian setiap hari dan harus ditangani dengan lembut.