Memilih Burung Aviary Yang Cocok

Memilih Burung Aviary – Aviary bisa menjadi tambahan yang indah untuk setiap rumah atau taman, dan ada banyak jenis burung yang bisa dipelihara di aviary. Jika kamu sedang mencari burung yang cocok untuk dimasukkan ke aviary, berikut beberapa diantaranya Ciblek, Trucukan, Pleci, Cucak ijo, Kenari, Finch atau emprit, Puyuh usahakan semua dikasih berpasangan jantan dan betina.

Burung Kecil: Budgerigars, Finch, Canary

Jika Anda mencari burung yang cocok untuk aviary, maka burung kecil seperti Budgerigar, Finch, dan Canary bisa menjadi pilihan yang bagus. Burung ini memiliki sifat yang ramah dan dapat beradaptasi dengan baik untuk hidup di penangkaran.

Budgerigars, umumnya dikenal sebagai parkit, adalah salah satu spesies burung peliharaan paling populer karena sifatnya yang suka bermain dan kemampuannya meniru ucapan manusia. Mereka tumbuh subur di aviary dengan banyak ruang untuk terbang dan bermain.

Finch datang dalam spesies yang berbeda seperti Zebra finch, Society Finch atau Gouldian Finch yang menjadikannya pilihan menarik bagi penggemar burung yang menginginkan variasi. Mereka suka bersosialisasi dengan kutilang lain yang menjadikan mereka pilihan ideal jika Anda berencana memiliki lebih dari satu burung di kandang Anda.

Kenari adalah pilihan bagus lainnya jika Anda lebih suka burung yang lebih tenang dan mudah dirawat. Mereka menghasilkan lagu-lagu merdu yang dapat mengisi kandang Anda dengan musik merdu sepanjang hari. Dengan perawatan yang tepat termasuk pola makan yang berkualitas dan olahraga teratur, burung kecil ini dapat hidup hingga 10 tahun atau lebih!

Baca Juga :  Sayuran Untuk Burung Kenari dan Manfaatnya

Burung Sedang: Parkit, Cockatiel, Lovebird

Parkit, Cockatiel, dan Lovebird adalah burung berukuran sedang yang cocok untuk aviary. Burung-burung ini dikenal suka bergaul dan senang ditemani burung lain. aviary menyediakan ruang yang cukup bagi burung-burung ini untuk terbang bebas dan berinteraksi dengan jenis lainnya.

Parkit, juga dikenal sebagai budgie, tersedia dalam berbagai warna dan dapat dilatih dengan mudah. Mereka adalah makhluk yang sangat sosial dan berkembang dalam interaksi dengan parkit lain atau manusia. Parkit memiliki umur 5-10 tahun di penangkaran tetapi bisa hidup lebih lama.

Cockatiel adalah spesies burung populer lainnya yang cocok untuk aviary. Mereka memiliki sifat yang tenang dan mudah dijinakkan, menjadikan mereka hewan peliharaan yang sangat baik bagi pemilik burung berpengalaman dan pemula. Cockatiel dapat hidup hingga 20 tahun di penangkaran dengan perawatan yang tepat.

Burung Besar: Puyuh, Brenggolo

Burung puyuh ini kuat dan mudah dirawat, menjadikannya pilihan yang bagus untuk pemula karena dengan adanya puyuh makanan yang jatuh akan dimakan puyuh jadi aviary akan terjaga kebersihannya. Burung puyuh juga merupakan burung yang produktif, yang berarti mereka dapat dengan cepat menghuni aviary.

Terakhir, Brengkolo atau Java Leafbird adalah burung cantik yang bisa menambah warna pada koleksi kandang apapun. Burung ini berasal dari Asia Tenggara dan memiliki bulu hijau cerah dengan tanda biru di sekitar matanya. Mereka lebih suka hidup berpasangan atau kelompok kecil dan membutuhkan banyak tempat bertengger dan dedaunan di kandang mereka agar merasa betah.

Pemeliharaan & Perawatan Burung Aviary

Dalam hal memelihara burung di aviary, pemeliharaan dan perawatan adalah faktor kunci untuk memastikan mereka hidup bahagia dan sehat. Pembersihan, pemberian makan, dan pemeriksaan kesehatan secara teratur harus dilakukan setiap hari untuk mencegah potensi masalah yang mungkin timbul.

Baca Juga :  Rawat Burung Trucukan Dengan Cara Yang Benar! 7 Caranya

Membersihkan aviary adalah salah satu aspek terpenting dari perawatan burung. Lingkungan yang kotor dapat menyebabkan berbagai penyakit dan infeksi yang dapat membahayakan kesehatan burung. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kebersihan kandang dengan membuang kotoran atau kotoran secara teratur. Selain itu, mendisinfeksi tempat bertengger dan permukaan lain di dalam kandang akan membantu mencegah bakteri menumpuk.

Memberi makan burung Anda adalah aspek penting lainnya dari rutinitas perawatan mereka. Memberi mereka air segar dan makanan secara teratur memastikan mereka menerima semua nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan.