8 Cara Memilih Sangkar Burung Yang Nyaman

Sangkar burung tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran, dengan harga mulai dari di bawah seratur ribu hingga jutaan rupiah. Sangkar dapat dibuat dari berbagai bahan, termasuk logam/besi, plastik, dan kayu. Tujuan sangkar burung adalah untuk menyediakan lingkungan yang aman bagi burung saat disimpan di dalam ruangan.

Ketika kebanyakan orang memikirkan sangkar burung, mereka memikirkan kandang kawat kecil yang menampung seekor burung kecil. Meskipun ini adalah jenis sangkar burung yang paling umum, ada juga banyak jenis lainnya. Beberapa kandang dirancang dengan ukuran kecil untuk parkit atau burung kecil lainnya, sementara yang lain dirancang untuk burung yang lebih besar seperti burung beo.

Beberapa sangkar burung memiliki tempat bertengger dan tempat makan di dalamnya, sementara yang lain tidak. Beberapa kandang memiliki pintu di bagian atas yang dapat dibuka sehingga burung dapat keluar masuk sesuka hati, sementara yang lain memiliki pintu di bagian samping yang harus dibuka untuk mengeluarkan burung.

Banyak orang suka memelihara burung sebagai hewan peliharaan karena menyenangkan untuk ditonton dan dapat menghibur. Burung juga bisa diajari berbicara, dan beberapa orang menganggap ini sangat menghibur.

Sangkar Burung

Jenis sangkar burung

Ketika datang ke pusat produksi sangkar burung, ada beberapa jenis yang dapat Anda pilih. Jenis sangkar burung yang paling populer adalah sangkar persegi atau persegi panjang. Sangkar persegi menyediakan banyak ruang bagi burung Anda untuk bergerak. Beberapa orang lebih suka membeli sangkar burung bundar, karena tidak memakan banyak ruang dan bisa lebih estetis. Namun, sangkar bundar tidak menawarkan banyak ruang bagi burung Anda untuk bergerak seperti halnya sangkar persegi atau persegi panjang. Jika Anda memiliki burung yang lebih kecil, seperti parkit, maka sangkar bundar mungkin cocok untuk Anda.

Jenis sangkar burung populer lainnya adalah kandang burung. Kandang burung pada dasarnya adalah kandang luar ruangan besar tempat burung dapat hidup.

Kandang Burung Puter dari Kayu

Kandang burung puter dari kayu menjadi pilihan yang lebih populer, terutama bagi mereka yang ingin menambahkan sentuhan alam.

Baca Juga :  Inilah 8 Cara Memilih Sangkar Burung Yang Tepat

Ada beberapa manfaat menggunakan sangkar burung kayu. Pertama, Lebih menarik daripada kandang logam tradisional. Sangkar kayu juga menyediakan lingkungan yang lebih alami untuk burung. Sangkar burung kayu juga lebih mudah dibersihkan daripada kandang logam, karena kayu cenderung tidak menumpuk kotoran dan debu.

Kandang Lovebird kecil

Saat memutuskan untuk memelihara burung, salah satu keputusan pertama yang harus Anda buat adalah jenis kandang yang akan dibeli. Ada banyak jenis dan ukuran sangkar yang tersedia, jadi mungkin sulit untuk memilih yang tepat untuk burung Anda. Jika Anda sedang mencari sangkar lovebird kecil, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

Hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah ukuran burung Anda. Lovebird adalah burung kecil dan dapat hidup dengan nyaman di kandang yang tingginya 65cm dengan diameter 35cm atau lebih kecil.

Faktor penting lainnya yang perlu dipertimbangkan adalah spasi bar atau ruji sangkar burung. Lovebird dapat dengan mudah melarikan diri dari kandang dengan jarak palang lebar, jadi penting untuk menemukan kandang dengan jarak palang sempit 1cm atau kurang.

Kurungan Kenari

Burung dipelihara sebagai hewan peliharaan karena berbagai alasan, termasuk kecantikan, kicauan, dan kemampuannya untuk berinteraksi dengan manusia. Berbagai jenis burung memerlukan tingkat perawatan yang berbeda, dan satu pertimbangan penting saat memilih burung adalah jenis kandang yang terbaik untuk hewan tersebut.

Kurungan kenari dirancang khusus untuk burung kenari, burung kicau kecil yang menjadi hewan peliharaan populer. kurungan ini memiliki sejumlah fitur yang membuatnya ideal untuk burung kenari. Kurungan kenari biasanya sempit dan panjang, yang memungkinkan burung terbang bolak-balik. Mereka juga memiliki tempat bertengger yang ditempatkan secara merata di sepanjang kandang, memberi burung banyak tempat untuk beristirahat. Ketinggian kandang juga penting, karena burung kenari suka berkicau dan terbang tinggi. Kebanyakan kandang kenari memiliki tinggi minimal 50cm.

Manfaat Sangkar Burung

Ketika kebanyakan orang memikirkan sangkar burung, mereka memikirkan tempat kecil dan sempit untuk burung. Meskipun hal ini mungkin terjadi pada beberapa sangkar burung, ada banyak keuntungan memiliki sangkar burung yang berukuran lebih besar.

Manfaat besar dari sangkar burung besar adalah menyediakan banyak ruang bagi burung Anda untuk bergerak. Ini penting karena burung membutuhkan banyak olahraga agar tetap sehat. Sangkar burung yang besar juga memungkinkan Anda untuk menaruh lebih banyak mainan dan tempat bertengger di dalamnya, yang akan membuat burung Anda tetap terhibur.

Baca Juga :  Ukuran Diameter Sangkar Murai No 1 2 3

Keuntungan lain dari sangkar burung besar adalah membantu menjaga burung Anda tetap aman. Sangkar besar memberi burung Anda lebih banyak ruang untuk terbang dan bermain, yang dapat membantu mencegah masalah terkait kebosanan.

Bagaimana Memilih Sangkar burung?

Ketika Anda memilih sangkar burung, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan. Ukuran sangkar burung itu penting, karena Anda ingin memastikan burung Anda memiliki cukup ruang untuk melebarkan sayapnya. Jenis burung yang Anda miliki juga akan menentukan jenis sangkar burung yang Anda butuhkan. Misalnya, jika Anda memiliki parkit, Anda akan membutuhkan kandang yang kecil, sedangkan jika Anda memiliki macaw, Anda akan membutuhkan kandang yang jauh lebih besar.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan ketika memilih sangkar burung adalah terbuat dari bahan apa. Anda ingin memilih kandang yang terbuat dari bahan yang tidak beracun dan mudah dibersihkan. Pintu kandang juga harus mudah dibuka sehingga Anda dapat dengan mudah mengakses burung Anda.

Harga Kandang Burung

Harga Kandang Burung

Ketika datang ke pusat penjualan sangkar burung, harga selalu menjadi pertimbangan. Anda tidak ingin menghabiskan terlalu banyak, tetapi Anda juga tidak ingin berhemat pada kualitas.

Ada beberapa hal yang perlu diingat saat berbelanja sangkar burung. Pertama, tentukan ukuran burung yang Anda miliki atau dapatkan. Ini akan membantu Anda menentukan dimensi kandang. Kedua, pikirkan jenis burung apa yang Anda miliki atau dapatkan. Beberapa burung menyukai banyak ruang untuk terbang, sementara yang lain lebih suka tempat yang lebih nyaman. Ketiga, putuskan berapa banyak uang yang ingin Anda keluarkan.

Ada berbagai macam harga untuk sangkar burung. Anda dapat menemukan kandang yang sangat sederhana hanya dengan ratusan ribu, atau berinvestasi dalam model mewah yang harganya jutaan rupiah.

Kesimpulan

Sangkar burung terbuat dalam berbagai bentuk dan ukuran. Beberapa terbuat dari logam, sementara yang lain terbuat dari plastik. Ada juga sangkar burung yang menyerupai pohon atau benda alam lainnya. Tujuan sangkar burung adalah untuk menyediakan ruang bagi burung untuk hidup dan berkembang biak.